Wednesday, August 5, 2015

Rob Camm, Pria Lumpuh Pertama yang Bisa Berjalan Kembali dengan Menggunakan Robot

Rob Camm, Pria Lumpuh Pertama yang Bisa Berjalan Kembali dengan Menggunakan Robot



 Ini akan menjadi berita bahagia bagi mereka yang lumpuh, baik karena kecelakaan atau sebab lainnya. Rob Camm (21) menjadi pria lumpuh pertama yang bisa berjalan kembali dengan menggunakan robot. Kerangka robot yang disebut dengan Rex itu dililihatkan ke tubuh penggunanya yang memungkinkannya untuk berjalan.

Rob mengalami lumpuh hampir seluruh tubuhnya seminggu sebelum ia masuk ke perguruan tinggi. Pria 21 yang juga mantan atlet rugbi ini tentu saja sangat antusias menyambut momen ini.

“Ini semacam robot yang kita duduk di dalamnya, itu hal yang mungkin saya jelasnya tentangnya. Anda bergerak di dalamnya, mengendalikannya,” ujar Rob seperti dilansir Metro.co.uk.

Sebelum mengenakan Rex, Rob pertama-tama harus membayangkan bagiamana robot itu berjalan. “Jadi, kaki kiri ke atas, kaki kiri maju, kaki kiri turun, dan seterusnya—begitu kira-kira pemetaannya, sehingga Rex tahu apa yang harus dia lakukan.”

Lebih dari itu, Rob tidak tahu apa-apa tentang bagaimana robot itu bekerja. Ia mengaku bahwa orang-orang yang lebih pintar darinya telah bekerja dengan sangat luar biasa. “Rasanya sangat aneh ketika melihatnya robot itu berjalan,” kata Rob yang tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya.


Momen Rob Camm sesaat sebelum kecelakaan yang membuatnya lumpuh/Metro.co.uk

Rob baru saja memainkan pertandingan rugbi terakhirnya untuk tim lokal, Dursley RFC, pada September 2013, saat ia mengalami kecelakaan itu. Kecelakaan itu menghalanginya untuk mengikuti latihan rugbi pramusim di York University, tempat ia belajar politik, filsafat, dan ekonomi. (Metro.co.uk/Intisari-Online.com)

Artikel Terkait