Tuesday, March 1, 2016

Pilih Mana: Galaxy S7, Xiaomi Mi 5, LG G5 atau Xperia X?

Galaxy S7, Xiaomi Mi 5, LG G5 atau Xperia X

kotabontang.net - Akhirnya, beberapa vendor besar sudah memperkenalkan handset flagship masing masing yang berbasis Android. Ada Samsung, LG, Sony dan Xiaomi. Rata rata merilisnya di ajang Mobile World Congress di Barcelona yang baru saja berakhir.

Jadi kira kira mau pilih yang mana? Berikut informasi singkat mengenai keempat handset Android jagoan yang baru debut tersebut.

Galaxy S7

Sama seperti sang kakak Galaxy S6, Galaxy S7 ini datang dalam dua model, Galaxy S7 versi reguler dan Edge. Handset dengan bodi premium ini antara lain mengunggulkan keandalan di bidang kamera.

Galaxy S7 Edge bentang layarnya 5,5 inch yang melengkung di kedua sisi. Sementara S7 reguler mengusung layar 5,1 inch dan bukan lengkung. Perbedaan lain terletak di baterai. S7 Edge baterainya 3.600 mAh. Sementara baterai Galaxy S7 biasa lebih kecil, sebesar 3.000 mAh. Selain itu tak ada perbedaan antara keduanya.

Resolusi Quad HD (2.560 X 1.440 pixel) menjamin kualitas layarnya membuat mata nyaman. Resolusi sebesar itu memberikan kepadatan pixel yang sangat rapat, di S7 Edge sekalipun -- layarnya 5,5 inch, yaitu 534 pixel per inch (ppi).

Di sektor dapur pacu, Samsung menyediakan dua versi Galaxy S7 dengan prosesor yang berbeda, yaitu Exynos 8890 (octa core 2,3 GHz +1,6 GHz) dan Snapdragon 820 (2,15 GHz + 1,6 Ghz), tergantung di mana perangkat tersebut dipasarkan. Dua jenis prosesor tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB.

Sedangkan storage internal Galaxy S7 berkapasitas 32 GB dan 64 GB. Ada yang menarik dari sisi storage ini. Yaitu kembalinya slot microSD untuk menambah kapasitas memori internal. Sisi kamera ditingkatkan cukup signifikan, dengan perpaduan resolusi 12 megapixel dan teknologi bernama Dual Pixel serta bukaan f/1,7. Diklaim superior dalam situasi low light.

LG G5

LG akhirnya secara resmi merilis G5. Perangkat ini diklaim sebagai ponsel modular pertama di dunia sehingga memberikan pengalaman berbeda dari pendahulunya. LG G5 hadir dengan bodi metal alumunium. Punya dua kamera di bagian belakang yang menawarkan sudut pandang luas hingga 135 derajat.
Layarnya berukuran 5,3 inch dengan resolusi Quad HD. Vendor asal Korea Selatan ini menyematkan fitur 3D Arc Glass yang menciptakan layar lengkung yang menawan.Selain itu, LG turut menyematkan fitur Always-on Display yang telah diperkenalkan pada V10.

Yang membedakan G5 dengan smartphone lain adalah sistem modular. Meski unibodi, tapi pengguna dimungkinkan membongkar baterainya dan menggantikannya dengan aksesoris lain. Dengan sistem ini kita bisa menyulap G5 jadi digital camera atau Hi-Fi Player. Caranya dengan menyematkan aksesoris tambahan berupa LG Cam dan LG Hi-Fi Plus.

Bicara spesifikasinya sendiri, LG G5 dibekali prosesor Snapdragon 820 dan RAM 4GB. Ruang penyimpanan internalnya 32GB ditambah slot MicroSD yang mendukung hingga 2 TB. Kamera belakangnya sendiri terdiri dari 16 megapixel dan 8 megapixel. Sedangkan kamera depannya berukuran 8 megapixel.

Ponsel yang menjalankan Android Marshmallow ini tersemat baterai 2.800 mAh. Tersedia koneksi 4G LTE, NFC dan Bluetooth 4.2. Seperti Nexus 5X, LG G5 mengusung USB Type C.

Xiaomi Mi5

Sesuai bocorannya, Mi 5 tampil dalam balutan metal yang dikemas premium. Terutama bila melihat bagian bezelnya yang tampak digarap serius, pemanis berupa garis bodi yang melengkung simpel seakan menunjukkan kelas Mi 5 yang layak masuk kategori kelas atas. Apalagi Mi 5 juga punya dimensi seksi dengan ketebalan yang berada di angka 6,95 mm.
Pun demikian dengan spesifikasinya, perangkat ini dibekali jeroan khas ponsel kelas atas. Snapdragon 820 dipilih sebagai prosesornya, ditandem dengan RAM 3 GB dan 4 GB yang sudah mengusung teknologi LPDDR4.

Makin ciamik kala Xiaomi memadukannya dengan memori internal yang ukurannya tak tanggung-tanggung, mencapai 128 GB! Xiaomi juga sudah mengusung jenis chip NAND jenis Universal Flash Storage (UFS) 2.0 yang diklaim punya transfer rate jauh melampaui eMMC yang biasa dipakai ponsel pada umumnya.

Kameranya juga mumpuni, mengusung sensor IMX298 bikinan Sony, Xiaomi masih percaya dengan kemampuan 16 MP. Namun ada tambahan teknologi di kameranya yang dinamai PDAF dan DTI. Itu belum termasuk lampu flash dual-LED yang mampu mengoptimalkan jepretan di kondisi minim cahaya.

Xiaomi menempatkan sensor sidik jarinya di balik tombol home yang ada di bagian bawah layar. Termasuk NFC yang juga kembali muncul di ponsel anyar Xiaomi ini. Adapun kelir yang ditawarkan ponsel dengan pasokan daya 3000 mAh ini antara lain adalah putih, hitam, dan emas yang seluruhnya tampil dalam nuansa premium.

Xperia X

Sony turut memeriahkan Mobile World Congress (MWC) 2016 dengan merilis dua ponsel terbaru dengan varian tertinggi Xperia X. Xperia X tampaknya ditujukan untuk menggantikan kiprah Xperia Z.
Desain yang diusung mirip dengan desain seri Z yang mengisi ponsel flagship. Xperia X seri tertinggi yakni Performance dipersenjatai prosesor Snapdragon 820, RAM 3 GB, dan memori internal 32 atau 64 GB yang disertai dengan slot microSD

Xperia X Performance dilengkapi dengan kamera utama 23 MP dengan predictive auto focus untuk hasil gambar yang diklaim lebih jernih dan anti blur. Kamera depannya pun beresolusi besar yakni 13 megapixel.

Dengan bentang layar 5 inch, Xperia X memiliki resolusi 1080p. Walau memiliki baterai dengan kapasitas lumayan kecil, yakni2700 mAh, Sony mengklaim bahwa perangkatnya bisa bertahan hingga dua hari.

Sony sudah mengatakan kalau model Xperia Z sudah dikubur dan Xperia Z5 menjadi ponsel terakhir di seri tersebut. Nantinya, Sony akan mengusung nama Xperia X ini untuk jajaran ponsel kelas atasnya.

Artikel Terkait