Friday, April 10, 2015

Tips Memulai Usaha Dari Sang Jutawan Roger James Hamilton

kotabontang.net - Memulai uasaha yang paling penting adalah bagaimana Anda menggunakan uang atau modal usaha. Penggunaan yang salah dapat merugikan Anda dan juga bisnis yang Anda bangun.

Seperti kasus yang dialami oleh Roger James Hamilton yang mendirikan Entrepreneurs Institute. Dia menggunakan semua uang pribadinya untuk membangun bisnis penerbitan. Hal ini terjadi saat dia baru memulai karirnya di dalam dunia usaha.

Keputusan Roger untuk menggunakan semua uangnya untuk mengembangkan bisnis pertamanya ini ternyata salah. Bisnis yang dia bangun tidak dapat menghasilkan keuntungan. Bahkan, 3 tahun pertama, bisnisnya selalu merugi. Dan tentunya, hal ini berdampak pada kehidupan pribadi Roger, karena uang yang dia gunakan untuk bisnis adalah uang pribadinya.

Akan tetapi, dia berhasil berubah berkat tips memulai usaha dari seorang jutawan. Nasihat jutawan tersebut sebenarnya cukup sederhana. Sang jutawan yang meminta Roger untuk membuat arus kas bisninsya positif dan mempunyai investasi, sebelum sang jutawan memberikan nasihat untuknya. Hal yang dikatakan jutawan inilah yang membuat Roger sadar akan kesalahannya.

1. Ubah Fokus
Kesalahan yang Roger lakukan adalah dia terlalu fokus dalam mengembangkan bisnisnya. Dia memprioritaskan menambah pendapatannya dari bisnisnya. Hal inilah yang membuat bisnisnya gagal.

Dari nasihat sang jutawan, Roger mulai beralih untuk meningkatkan keuntungan bisnis yang dia bangun terlebih dahulu. Cara yang dia gunakan adalah dengan menambah bisnis. Dengan cara ini, dia mampu menambah jumlah keuntungan dan membuat arus kas yang masuk dalam keuangannya menjadi positif.

2. Tambah Investasi
Sedangkan untuk tips memulai usaha yang kedua dari sang jutawan adalah menambah investasinya. Hal ini juga dilakukan oleh Roger dengan cara menambah bisnis di bidang lain.

Dua cara yang dilakukan Roger terbilang cukup berhasil. Dalam waktu 6 bulan, dia mampu meningkatkan keuntungan menjadi $400 dari sebelumnya yang tidak menghasilkan apa-apa. Dan, setelah 3 tahun menjalankan bisnisnya, dia mampu menghasilkan jutaan Dollar.

Dari kasus yang dialami Roger ini, Anda dapat melihat bahwa modal yang Anda gunakan untuk memulai usaha akan dapat benar-benar berfungsi maksimal bila digunakan pada area yang tepat. Memang, dengan membuat bisnis yang Anda rintis menjadi besar, Anda dapat terus menambah pendapatan Anda. Namun, tips memulai usaha yang harus Anda ingat, bila semakin besar bisnis Anda, maka biaya yang digunakan untuk menjalankannya juga semakin besar. Artinya, uang yang harus Anda gunakan juga semakin besar.

Dengan menambah jumlah bisnis atau varian bisnis yang Anda jalankan, maka Anda tidak akan menambah biaya operasional. Dan, dari berbagai bisnis yang ada, Anda akan mendapatkan keuntungan. Meskipun kecil, hal ini akan membuat arus kas yang masuk menjadi positif.(

Artikel Terkait