Thursday, May 14, 2015

Maraknya Prostitusi Online via Facebook di Surabaya

kotabontang.net - Derap prostitusi online di Kota Surabaya juga tak asing lagi, sebagaimana di Jakarta dan Bandung. Sebelumnya, Polrestabes Kota Surabaya sempat mengungkap prostitusi yang melibatkan seorang germo cantik bernama Keyko, tahun 2012 lalu.

Sepanjang pengungkapan kasus prostitusi di Kota Surabaya, kasus Keyko yang bernama asli Yunita ini merupakan yang terbesar. Pasalnya, Keyko memiliki anak buah berjumlah sekitar 1.865 pekerja seks komersial (PSK), yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Rupanya, sejak penangkapan itu, gairah prostitusi online bukan meredup, melainkan kian bersinar. Banyaknya media sosial menjadikan prostitusi online ini semakin menunjukkan denyutnya.

Ditambah lagi dengan bubarnya lokalisasi Dolly di Surabaya. Sepertinya, Kota Surabaya memang menuju bebas lokalisasi, namun belum bebas prostitusi.

Okezone mencoba menelusuri denyut prostitusi online di Surabaya. Tempat bertemunya para penyedia jasa 'cinta satu malam' dengan para konsumen di jejaring sosial Facebook. Mereka bertemu dalam sebuah grup di laman sosial tersebut.

Ada ratusan grup yang sengaja dibuat dan memiliki ribuan anggota. Grup tersebut sengaja dibuat tertutup, sehingga tidak semua orang dengan mudah masuk ke grup tersebut.

Modusnya, salah satu perempuan yang sudah menjadi anggota grup tersebut mem-posting promosi booking jasa seks. Dalam posting-an tersebut, tercatum berapa tarif dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para lelaki hidung belang.

Selanjutnya diteruskan melalui komunikasi Inbox Message. Dari situlah terdapat kesepakatan dan bertemu di salah satu hotel di Surabaya atau bahkan ke tempat kos wanita tersebut.

Penelusuran Okezone, ada beberapa grup yang disinyalir menjadi area transaksi birahi wilayah Surabaya, di antaranya "INFO UPDATE WP/BO (Surabaya/Sidoarjo)", dengan 10.257 Anggota, "Kumpulan Cewek Open BO Surabaya" dengan 3.454 Anggota, "one night stand Surabaya dan sekitarnya" dengan 2.628 anggota, "Booking STW" dengan 3.583 Anggota dan masih banyak lagi.

Grup-grup di atas selalu update dengan posting-an menawarkan jasa para PSK. Pun demikian, disambut dengan komentar-komentar sesama anggota grup.

Salah satunya adalah pemilik akun Ayu Novitasari II. Di laman wall grup "INFO UPDATE WP/BO (Surabaya/Sidoarjo)", akun ini mem-posting sedang open BO dan bagi yang berminat silahkan menghubungi via Inbox.
Sumber : Okezone

Artikel Terkait