Saturday, April 11, 2015

Jangan Sepelekan Pikun

kotabontang.net - Pikun atau mudah lupa dianggap identik dengan bertambahnya usia. Namun tahukah Anda, pikun tidak hanya dikarenakan bertambahnya usia.

Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Eka Viora, SpKJ menjelaskan, pikun merupakan gejala dari Demensia Alzheimer.

"Pikun, bisa menjadi salah satu gejala awal dari demensia alzheimer yang sayangnya sangat sering diremehkan oleh penderita," ujar Eka di Erasmus Hius, Jakarta.

Jika tidak segera di deteksi secara dini, pikun pun dapat berlanjut menjadi disorientasi, kesulitan berkomunikasi dan masalah-masalah lainnya yang dapat menggangu penderita. Penyakit ini bukanlah penyakit yang mudah disembuhkan.

Alzhaimer dikategorikan sebagai penyakit berbiaya tinggi. Oleh karena itu, pentingnya deteksi secara dini agar dapat memperlambat laju perkembangan penyakit ini.

Namun sayangnya, kesadaran masyarakat, khususnya di Indonesia akan penyakit ini masih sangat amat rendah.

Gejalanya seringkali dianggap sebagai suatu hal yang wajar terjadi di usia senja. "Sebagian besar orang yang mengalami beranggapan bahwa pikun hanya dipengaruhi faktor usia," pungkasnya.

Artikel Terkait