Friday, April 10, 2015

4 Sumber Modal untuk Mulai Berbisnis

kotabontang.net - Membuka usaha sendiri merupakan salah satu semangat entrepreneurship yang patut dipupuk. Membangun sebuah usaha di mana diri sendiri yang memegang kontrol, serta membuka kemungkinan memberikan lapangan kerja kepada orang lain adalah salah satu alasan kenapa banyak berupaya membuka bisnisnya sendiri.

Tentu saja, semua hal harus dimulai dari nol, tak terkecuali berbisnis. Cari modal usaha untuk membuka bisnis sendiri bukanlah hal yang mudah. Memang, untuk membuka sebuah usaha sendiri, baik dalam skala kecil ataupun besar, selalu diperlukan modal. Dan di sinilah biasanya tantangan pertama yang harus dihadapi para calon pebisnis tersebut. Di mana harus cari modal usaha? Hendak memulai dari mana?

Jika inilah yang sudah menjadi pertanyaan di kepala, maka jangan khawatir. Berikut adalah beberapa alternatif di mana Anda bisa mendapatkannya. Cari modal usaha yang biasanya dilakukan banyak orang yang baru memulai adalah:

1. Dana sendiri modal yang paling mudah untuk dicari dan Anda pastinya mempunyainya. Gunakanlah tabungan Anda untuk membiayai bisnis yang akan Anda mulai ini. Belum cukup? Anda pasti mempunyai beberapa aset berharga yang bisa dimanfaatkan. Jual aset ini untuk kemudian menjadi tambahan modal.

2. Dana hibah perusahaan beberapa perusahaan, terutama perusahaan besar, baik milik swasta atau pemerintah, biasanya mempunyai anggaran sendiri untuk membantu orang-orang yang memiliki usaha kecil dan juga menengah demi meningkatkan perekonomian. Anda bisa mengikuti kompetisi yang diadakan oleh mereka untuk mendapatkan modal sekaligus mempromosikan usaha Anda.

3. Kerja sama bisa jadi ada teman atau anggota keluarga Anda yang mempunyai keinginan membuka usaha yang sama dengan Anda. Bergabunglah dan jalin kerja sama dengan mereka, entah dengan bantuan modal atau urusan operasional. Awali dengan kesepakatan bagaimana membagi hasil yang akan diterima.

4. Pinjaman bank yang berikutnya adalah dengan bantuan pinjaman dari bank. Pihak bank biasanya bisa memberikan bantuan pinjaman yang berupa pinjaman tanpa agunan atau pinjaman dengan agunan bagi mereka yang membutuhkan dana bantuan untuk usaha. Namun tentu saja ada sejumlah dokumen dan persyaratan yang harus dipenuhi. Itulah beberapa cara untuk cari modal usaha yang simple dan biasa dilakukan.

Cara ini memang terkesan sudah umum, namun memang sudah terbukti keefektifannya. Yang harus disadari adalah, membuka sebuah usaha memerlukan pengorbanan yang banyak, baik dari segi materi maupun yang lain.

Jika Anda memang sudah berniat untuk berbisnis sendiri dan sudah siap dengan segala resikonya, maka silahkan Anda memulai dari sekarang. (as/okezone)

Artikel Terkait