Friday, April 10, 2015

3 Tips Memulai Bisnis yang Sering Terlewatkan

kotabontang.net - Memiliki bisnis bisa jadi impian semua orang termasuk Anda. Namun, dari sekian banyak orang tersebut, hanya ada segelintir saja yang akhirnya mewujudkan impian mereka. Agar Anda juga tidak bernasib sama dengan mereka yang gagal memiliki bisnis, ada baiknya mempelajari tips berikut ini.

1. Menentukan tujuan memulai bisnis
Memulai bisnis sangatlah mudah. Tidak peduli Anda memiliki modal besar, modal kecil atau tidak memiliki modal sekalipun, Anda tetap bisa memulai bisnis. Yang jadi persoalan adalah Anda tidak menentukan tujuan Anda berbisnis.

Alhasil, setelah bisnis tersebut dibuka, Anda seperti tidak memiliki semangat untuk mengembangkannya. Contohnya, Anda bisa saja menentukan bahwa tujuan Anda memulai bisnis adalah untuk mendapatkan income sebesar Rp. 15.000.000 per bulan.

Keuntungan akan Anda sisihkan untuk pergi Haji atau Umroh. Bayangkan jika Anda juga memiliki tujuan yang semacam ini, pasti Anda akan menjalankan bisnis dengan penuh semangat dan suka cita. Segala kesulitan akan Anda anggap sebagai tantangan dan saat tujuan tersebut tercapai, Anda akan merasa sangat bersyukur.

2. Memperhatikan kondisi saat ini
Pada tips memulai bisnis ini, Anda tidak hanya belajar untuk bermimpi atau bercita-cita. Selain itu, Anda juga harus belajar memperhatikan kondisi Anda saat ini. Dengan memperhatikan kondisi saat ini, Anda akan paham bagaimana cara menggapai tujuan tersebut termasuk kemungkinan waktu yang dibutuhkan untuk meraih tujuan bisnis tersebut.

Anda bisa mulai dengan melihat tantangan atau masalah yang sedang Anda hadapi untuk menggapai tujuan tersebut. Kemudian, Anda juga bisa menambahkan mengenai sudah sejauh mana kondisi bisnis Anda untuk menggapai tujuan yang sudah Anda targetkan.

Dengan begitu, Anda akan tahu apakah target Anda tersebut masih sangat jauh atau sudah mendekati. Jika masih jauh, maka Anda bisa mulai mencari cara agar bisnis Anda lebih maju lagi. Jika sudah dekat, Anda bisa mempertahankan sambil mencapainya kemudian mempertahankan cara-cara yang memang terbukti efektif untuk mengembangkan bisnis Anda saat ini.

3. Mencari cara untuk menangani masalah bisnis
Layaknya masalah-masalah lainnya, Anda juga harus segera menyelesaikan masalah bisnis Anda sekecil apapun. Jika dibiarkan tanpa penyelesaian masalah akan berlarut-larut dan justru akan merusak bisnis Anda.

Masalah sangat wajar baik di awal bisnis ataupun di sela-sela mengembangkan bisnis namun dengan cara penyelesaian yang baik, Anda tentu tetap bisa menjalankan bisnis Anda bahkan mengembangkannya.

Selain memikirkan pemecahan masalah bisnis tersebut, Anda juga perlu untuk memikirkan risiko yang Anda pilih sehingga nantinya justru tidak mempersulit kondisi bisnis. Pada akhirnya, keberhasilan dari bisnis yang Anda jalankan tergantung dari Anda sendiri.(vaa/ciputra)

Artikel Terkait