kotabontang.net - Pengin Menjadi Internet Marketer - Simak 5 Tips Berikut Menjadi internet marketer adalah salah satu profesi pekerjaan yang mengandalkan jaringan internet dan gadget berteknologi canggih, seorang internet marketer dapat menjalankan pekerjaannya dari mana saja dan kapan saja.
Walaupun tampak mudah dan praktis untuk dijalankan, sebenarnya banyak sekali aturan tak tertulis yang patut dipahami oleh seorang internet marketer. Selain menjaga profesionalitas dan etos kerja, aturan-aturan tersebut juga mencegah seorang internet marketer menjadi sosok spammer yang dibenci oleh pengguna internet. Beberapa hal penting berikut ini tentu perlu dipahami oleh seorang internet marketer:
1. Memberikan Konten yang Bermanfaat
Internet marketer tentu tak selalu berurusan dengan proses pembuatan dan penyebaran informasi yang bersifat spam. Jadi, cobalah untuk menciptakan konten yang lebih bermanfaat dan mampu menarik perhatian orang lain. Tak lupa juga untuk selalu menggunakan tools internet yang sesuai agar konten yang kita buat bisa sampai kepada target yang tepat. Meskipun sama-sama pengguna internet, belum tentu target kalangan remaja sama pentingnya dengan target dari kalangan ibu rumah tangga modern.
2. Tetapkan Target yang Nyata
Banyak sekali akun-akun palsu yang beredar di internet, baik untuk sekedar mencari kesenangan semata atau melakukan tindak penipuan. Oleh karena itu, seorang internet marketer harus pandai memilah-milah mana target pengguna internet yang merupakan sosok nyata dan mana yang hanya merupakan akun palsu.
Orang-orang yang memang menggunakan social media secara bijak biasanya menjadi peluang besar bagi para internet marketer untuk menjalin relasi yang lebih baik lagi di dunia nyata. Jadi, seorang internet marketer tak hanya mementingkan kuantitas penyebaran informasi namun juga mementingkan kualitas dari para targetnya di dunia maya.
3. Menjalin Relasi Dengan Pihak yang Tepat
Seperti hal yang sudah disampaikan pada poin kedua, target yang tepat tentu akan membantu kita untuk melakukan penyebaran informasi semaksimal mungkin. Tak perlu memiliki banyak followers atau member pada akun social media, karena hal yang terpenting adalah memperoleh kepercayaan dan menjalin relasi dengan orang-orang yang tepat.
Meskipun jumlahnya lebih sedikit, pengguna internet yang tepat akan mampu membantu proses penyebaran informasi secara lebih cepat dan efektif. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga relasi tersebut dengan melakukan komunikasi 2 arah secara aktif dan teratur.
4. Jujurlah Dengan Pencapaian yang Sudah Kita Peroleh
Kita dapat membuat analogi sederhana seperti ini, misalnya kita memiliki 10.000 followers di social media, tentu tak mungkin setengah dari jumlah tersebut akan selalu setia menantikan posting kita dan melakukan retweet. Untuk itu, kita patut menggunakan perangkat analisis untuk mengetahui persentase keberhasilan internet marketing yang sudah kita jalankan. Dengan melakukan upaya ini, selanjutnya kita bisa menetapkan langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan efektivitas pencapaian tersebut.
5. Menghargai Followers di Sosmed
Followers yang aktif menanyakan sesuatu atau selalu me-retweet posting kita tak selalu menjadi pelanggan setia yang mendukung kesuksesan kita. Bahkan faktanya, lebih dari 40% followers yang lebih memilih diam merupakan pelanggan setia bagi suatu brand. Karena biasanya followers yang diam akan lebih menyimak setiap informasi yang kita sampaikan. Hormatilah semua followers kita yang berasal berbagai latar belakang dan kebiasaan. Karena kita tentu tak akan tahu darimana peluang bisnis akan datang.