Thursday, September 18, 2014

Details Formasi CPNS Kota Bontang 2014 DI Sini

kotabontang.net - Details Formasi CPNS Kota Bontang 2014 DI Sini

RINCIAN FORMASI ASN DAERAH DARI PELAMAR UMUM
PEMERINTAH KOTA BONTANG
TAHUN ANGGARAN 2014
NO. NAMA
JABATAN
KUALIFIKASI
PENDIDIKAN
GOL./RUANG JUMLAH
ALOKASI
RENCANA PENEMPATAN
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
 Jumlah 146
TENAGA PENDIDIK
1 Guru Taman Kanak-Kanak Pertama S1 Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak / PAUD III/a 1 TK Negeri 1 Bontang Utara
2 Guru Sejarah Pertama S1 Pendidikan Sejarah III/a 1 SMA Negeri 3
3 Guru Teknik Sepeda Motor Pertama S1 Teknik Otomotif III/a 1 SMK Negeri 2
4 Guru Kelas Pertama S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar / PGMI III/a 1 SDN 009 Bontang Selatan




1 SDN 004 Bontang Barat




1 SDN 005 Bontang Utara
5 Guru Penjasorkes Pertama S1 Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan III/a 1 SDN 004 Bontang Barat
6 Guru Bahasa Indonesia Pertama S1 Pendidikan Guru Bahasa Indonesia III/a 1 SMP Negeri 2
7 Guru Matematika Pertama S1 Pendidikan Guru Matematika III/a 1 SMK Negeri 2
TENAGA KESEHATAN




1 Nutrisionis Pertama S1 Gizi kesehatan III/a 1 Instalasi Gizi RSUD
2 Pranata Laboratorium Kesehatan Pelaksana D.III Analis Kesehatan II/c 1 UPT Laboratorium Kesehatan Daerah
3 Apoteker Pertama Apoteker III/b 1 Instalasi Apotik RSUD
4 Asisten Apoteker Pelaksana D.III Farmasi II/c 1 Instalasi Apotik RSUD
5 Dokter Pertama Dokter Umum III/b 2 RSUD Taman Husada
6 Dokter Spesialis Anestesi Pertama Spesialis Anestesi III/b 1 RSUD Taman Husada
7 Dokter Spesialis Bedah Saraf Pertama Spesialis Bedah Saraf III/b 1 RSUD Taman Husada
8 Dokter Gigi Dokter Gigi III/b 1 RSUD Taman Husada
9 Paramedik Veteriner Pelaksana D.III Peternakan II/c 1 Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
10 Radiografer Pelaksana D.III Radiologi II/c 1 Radiologi RSUD
11 Teknik Elektromedik Pelaksana D.III Teknik Elektromedik II/c 1 Teknisi Alat Kesehatan RSUD
TENAGA TEKNIS




1 Analis Tata Laksana S1 Administrasi Negara III/a 1 Sub Bagian Tata Laksana Bagian Organisasi Sekretariat Daerah
2 Pengolah Data Ketatalaksanaan D.III Teknik Informatika II/c 1 Sub Bagian Tata Laksana Bagian Organisasi Sekretariat Daerah
3 Analis Ketahanan Pangan S1 Teknologi Pangan dan Gizi III/a 1 Seksi Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
4 Pengendali Organisme Penggangu Tumbuhan Pertama S1 Pertanian Hama dan Penyakit Tanaman III/a 1 Seksi Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
5 Analis Kebijakan Pertama S2 Manajemen Pemasaran III/b 1 Seksi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindagkop, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
6 Analis Objek wisata S1 Pariwisata III/a 1 Seksi Sarana Prasarana dan Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
7 Pengawas Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Pertama S1 Hukum III/a 1 Sub Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB
8 Analis Sistem Jaringan S1 Teknik Informatika III/a 1 Sub Bagian Pengelolaan Data Elektronik Bagian Evaluasi Pembangunan Sekretariat Daerah
9 Analis Kepegawaian Pelaksana D.III Teknik Informatika II/c 1 Sub Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah

Analis Kepegawaian Pertama S1 Semua Jurusan III/a 1 Sub Bagian Umum Dinas Pendidikan

Analis Kepegawaian Pertama S1 Psikologi III/a 1 Sub Bagian Kepegawaian RSUD
10 Analis Pengembangan Kompetensi S2 Psikologi III/b 1 Sub Bidang Pengembangan Karier Pegawai Badan Kepegawaian Daerah
11 Pengevaluasi Standar Acuan S1 Teknik Sipil III/a 1 Kabid Pelayanan & Perijinan Badan Pelayanan, Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal Daerah
12 Analis Kerjasama dan Permodalan S1 Akuntansi III/a 1 UPTD Dana Bergulir Dinas Perindagkop, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
13 Pengadministrasi Keuangan D.III Akuntansi II/c 1 Sub Bagian Perencanaan Program dan Keuangan Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB




1 Puskesmas Bontang Selatan 1




1 Puskesmas Bontang Utara 1




1 Puskesmas Bontang Utara 2




1 Puskesmas Bontang Selatan 2




1 Puskesmas Bontang Barat




1 Puskesmas Bontang Lestari




1 UPTD Pangkalan Pendaratan Ikan Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian




1 Sub Bagian Akuntansi RSUD
14 Penyuluh Sosial Pertama S1 Sosiatri III/a 1 Dinas Sosial dan Tenaga Kerja
15 Analis Hukum S1 Hukum III/a 1 Sub Bagian Bantuan Hukum Bagian Hukum Sekretariat Daerah
16 Penata Bahan Evaluasi dan Monitoring Kegiatan D.III Akuntansi II/c 1 Sekretariat Kelurahan Tanjung Laut Indah




1 Sub Bagian Perencanaan Program dan Keuangan Badan Lingkungan Hidup
17 Perancang Peraturan Perundang - undangan Pertama S1 Hukum III/a 1 Sub Bagian Rancangan Peraturan Daerah Sekretariat Dewan
18 Analis Ekonomi S1 Manajemen III/a 1 Sub Bagian Pemberdayaan Ekonomi Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah
19 Analis Sumber daya air dan Lingkungan Hidup S1 Kelautan III/a 1 Seksi Tata Ruang Laut dan Pemberdayaan Laut dan Pulau-Pulau Kecil Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
20 Verifikator Keuangan D.III Akuntansi II/c 1 Sub Bagian Umum Kecamatan Bontang Barat




1 Sekretariat Kelurahan Kanaan




1 UPT Laboratorium Kesehatan Daerah




1 Sub Bagian Umum dan Kerjasama Sekretariat Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia




1 Sekretariat Kelurahan Berbas Pantai
21 Analis Tenaga Kerja D.III Administrasi Perkantoran II/c 1 Seksi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial dan Persyaratan Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja
22 Pemeriksa Pertanahan D.III Administrasi Perkantoran II/c 1 Seksi Tata Pemerintahan Kelurahan Belimbing




1 Seksi Tata Pemerintahan Kelurahan Guntung
23 Pengadministrasi Umum D.III Semua Jurusan II/c 1 Sub Bagian Tata Usaha UPT Balai Benih Ikan Pantai Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian




1 Puskesmas Bontang Utara 2




1 Puskesmas Bontang Selatan 2




1 Puskesmas Bontang Barat




1 Puskesmas Bontang Lestari




1 Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kelurahan Berbas Pantai


D.III Administrasi Perkantoran II/c 1 Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat Daerah




1 UPTD Dana Bergulir Dinas Perindagkop, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
24 Analis Pembangunan S1 Statistik III/a 1 Sub Bidang Statistik & Data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah


S1 Planologi III/a 1 Seksi Rehabilitasi Kota Dinas Tata Ruang Kota


S1 Teknik Sipil III/a 1 Seksi Pembangunan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum


D.III Teknik Sipil II/c 1 Seksi Ekonomi Pembangunan Kelurahan Satimpo


D.III Teknik Sipil II/c 1 Seksi Ekonomi Pembangunan Kelurahan Bontang Baru


D.III Manajemen II/c 1 Seksi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Bontang Selatan


D.III Teknik Sipil II/c 1 Seksi Ekonomi Pembangunan Kelurahan Kanaan


D.III Manajemen II/c 1 Seksi Ekonomi Pembangunan Kelurahan Gunung Telihan
25 Pengawas Mutu Pakan D.III Peternakan II/c 1 Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
26 Analis Mutu Hasil Perikanan S1 Perikanan III/a 1 UPTD Pangkalan Pendaratan Ikan Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
27 Pengawas Lingkungan Hidup D.III Kesehatan Lingkungan II/c 1 Seksi Pengangkutan & Pemanfaatan Sampah Dinas Kebersihan, Pertamanan dan PMK
28 Arsiparis Pertama S1 Kearsipan III/a 1 Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi
29 Pustakawan Pertama S1 Perpustakaan III/a 1 Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi
30 Pengelola Database S1 Teknik Informatika III/a 1 Seksi Pengolahan Data & Pelaporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
31 Analis Berita S1 Komunikasi Jurnalistik III/a 1 Sub Bagian Pemberitaan & Peliputan Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah
32 Analis Kerjasama Pusat dan Daerah S1 Hubungan Internasional III/a 1 Sub Bagian Tata Pemerintahan Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah
33 Analis Optimasi, Rehabilitasi dan Konservasi Lahan S1 Kehutanan III/a 1 Seksi Kehutanan dan Perkebunan Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
34 Analis Alat Penangkap Ikan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan D.III Teknologi Penangkapan Ikan II/c 1 Seksi Perikanan Tangkap Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
35 Pranata Standar Keselamatan S1 Hukum III/a 2 Seksi Lantas, Pengawasan dan Pengendalian Dinas perhubungan, Komunikasi dan Informatika

Pranata Standar Keselamatan S1 Teknik Mesin III/a 1 Seksi Lantas, Pengawasan dan Pengendalian Dinas perhubungan, Komunikasi dan Informatika

Pranata Standar Keselamatan SMA, SMK sederajat II/a 12 Seksi Lantas, Pengawasan dan Pengendalian Dinas perhubungan, Komunikasi dan Informatika
36 Teknisi Peralatan dan Mesin D.III Teknik Mesin II/c 1 Seksi Pengangkutan & Pemanfaatan Sampah Dinas Kebersihan, Pertamanan dan PMK
37 Teknik Penyehatan Lingkungan D.III Kesehatan Lingkungan II/c 1 UPTD TPA Dinas Kebersihan, Pertamanan dan PMK
38 Analis Pengembangan Wilayah S1 Sistem Informasi Geografis (Pengembangan Wilayah) III/a 1 Seksi Pengembangan Kota Dinas Tata Ruang Kota
39 Analis Pelayanan Publik S1 Hukum III/a 1 Sub Bagian Usaha, Bantuan Hukum dan Sosial Sekretariat Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia
40 Penata Ruang Pertama S1 Teknik Sipil III/a 1 Seksi Pengendalian & Pengawasan Non Bangunan Dinas Tata Ruang Kota
41 Analis Kesenian dan Budaya Daerah S1 Seni tari III/a 1 Seksi Promosi Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
42 Pengelola Data Statistik D.III Statistik II/c 1 Sub Bidang Pengolahan Data, Pelaporan & Analisa Program Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB
43 Pengawas Fisik Pemukiman S1 Teknik Sipil III/a 1 Seksi Perumahan dan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum
44 Analis Angkutan Darat D.IV Transportasi Darat III/a 1 Seksi Teknik Sarana & Prasarana Angkutan Dinas Perhubungan, komunikasi dan Informatika
45 Penyuluh Kehutanan Pertama S1 Manajemen Hutan III/a 1 Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
46 Perencana Pertama S1 Teknik Sipil III/a 1 Sub Bidang Sosial & Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
47 Analis Arsitektur S1 Teknik Sipil III/a 1 Sub Bidang Perhubungan, komunikasi & Pariwisata Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
48 Pranata Acara D.III Komunikasi II/c 2 Sub Bagian Pelayanan Informasi Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah
49 Analis Pengaduan Masyarakat S1 Hukum III/a 1 Sub Bidang Pengelolaan Data, Evaluasi & Pengaduan Masyarakat Badan Pelayanan, Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal Daerah
50 Surveyor Pemetaan Pelaksana D.III Sistem Informasi Geografis II/c 1 Sub Bidang Tata Ruang dan Tata Guna Tanah, Pengairan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
51 Pengawas Perikanan Pertama S1 Budidaya Perikanan III/a 1 Sub Bagian Tata Usaha UPT Balai Benih Ikan Pantai Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
52 Analis Pengembangan Pasar D.III Komunikasi II/c 1 UPTD Pasar Dinas Perindagkop, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
53 Analis Pasar Hasil Perikanan S1 Perikanan III/a 1 UPTD Pangkalan Pendaratan Ikan Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian
54 Teknisi Peralatan, Listrik dan Elektronika D.III Teknik Elektro II/c 1 Seksi Penerangan Jalan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan PMK
55 Pranata Komputer Pelaksana D.III Komputer II/c 1 Seksi Kelahiran & Kematian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
56 Penyusun Data dan Informasi D.III Manajemen II/c 1 Seksi Kewirausahaan & produktivitas Pemuda Dinas Pemuda dan Olah Raga
57 Teknisi Rancang Bangunan D.III Teknik Sipil II/c 1 Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit RSUD
58 Analis Lingkungan Hidup S1 Kesehatan Masyarakat III/a 1 UPTD TPA Dinas Kebersihan, Pertamanan dan PMK
59 Pemeriksa Pupuk dan Pestisida D.III Kesehatan Masyarakat II/c 1 UPTD TPA Dinas Kebersihan, Pertamanan dan PMK
60 Penera Pertama S1 MIPA Matematika III/a 1 Dinas Perindagkop, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
61 Pekerja Sosial Pertama S1 Semua Jurusan III/a 1 Sub Bagian Kesejahteraan Masyarakat Bagian Sosial Sekretariat Daerah
62 Satuan Polisi Pamong Praja Pertama S1 Hukum III/a 4 Seksi Pengendalian Operasional Kantor Satuan Polisi Pamong Praja

Satuan Polisi Pamong Praja Pelaksana D.III Semua Jurusan II/c 8 Seksi Pengendalian Operasional Kantor Satuan Polisi Pamong Praja

Satuan Polisi Pamong Praja Pelaksana Pemula SLTA II/a 7 Seksi Pengendalian Operasional Kantor Satuan Polisi Pamong Praja

I. KETENTUAN UMUM
1. Penerimaan CPNS Pemerintah Kota Bontang terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi, ujian akademis berupa Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).
2. Tes kompetensi bidang (TKB) diperuntukkan bagi yang lulus tes kompetensi dasar (TKD) untuk jabatan tertentu sesuai dengan formasi dikali 3 (tiga).
3. Seleksi berkas administrasi persyaratan pengangkatan dan penetapan pengangkatan CPNS (bagi yang lulus TKD dan TKB).
4. Masing-masing pelamar dapat memilih 3 (tiga) jabatan yang berbeda yang memenuhi spesifikasi pendidikan yang sama.
5. Peserta wajib mengikuti seluruh proses tahapan seleksi.
II. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia.
2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun dihitung sampai dengan tanggal 01 Oktober 2014.
3. Sehat jasmani dan rohani berdasarkan surat keterangan dokter pemerintah (setelah lulus tes TKD dan TKB).
4. Tidak pernah mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya yang dibuktikan berdasarkan surat keterangan dokter pemerintah (setelah lulus tes TKD dan TKB).
5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Anggota Kepolisian Negara atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta ;
7. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI ;
8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (setelah lulus tes TKD dan TKB).
9. Tidak menjadi anggota atau pengurus parpol.
10. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.
11. Melengkapi persyaratan lamaran berikut lampiran yang telah ditentukan.
12. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
13. Mampu mengoperasionalkan komputer (bagi seluruh pelamar) dan mempunyai alamat email yang masih aktif.
III. PERSYARATAN KHUSUS
A. Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah minimal 10 (sepuluh) tahun.
B. Semua formasi diutamakan bagi yang masih mengabdi di lingkungan Pemerintah Kota Bontang/masyarakat Kota Bontang.
C. PRANATA STANDAR KESELAMATAN*
Untuk Formasi jabatan Pranata Standar Keselamatan wajib melampirkan :
1)

Pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun di bidang Pengawasan dan Pengendalian Jalan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Pimpinan Instansi dimana calon pelamar bekerja/pernah bekerja (format lihat contoh 2)
2) Tinggi badan laki-laki minimal 160 cm dan perempuan minimal 155 cm.
D. SATUAN POLISI PAMONG PRAJA*
Untuk Formasi Jabatan Satuan Polisi Pamong Praja melampirkan :
1) Diutamakan memiliki sertifikat pendidikan dan pelatihan (diklat) dari Sekolah Polisi Negara (SPN) .
2) Wajib memiliki kemampuan bela diri yang dibuktikan dengan surat keterangan dari organisasi bela diri yang diikuti.
3) Wajib mempunyai pengalaman kerja di bidang Penegakan Peraturan Daerah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Pimpinan Instansi dimana calon pelamar bekerja/pernah bekerja (format lihat contoh 2).
4) Tinggi badan laki-laki minimal 160 cm dan perempuan minimal 155 cm.
V. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal nasional, yaitu : https://regpanselnas.menpan.go.id/ dengan memasukkan Nomor NIK KTP, Nama, Alamat email dan instansi yang dilamar.
2. Setelah mendapatkan username dan password, silahkan masuk pada website   http://sscn.bkn.go.id/ dan mengisi form registrasi (pelamar dapat login ke portal instansi (sscn.bkn.go.id) minimal 1 x 24 jam setelah mendapat email konfirmasi dari Panselnas)
3. Periode pendaftaran online dibuka mulai tanggal 14 s/d 28 September 2014
4. Panitia menerima berkas pendaftaran mulai tanggal 16 s/d 30 September 2014
5. Pelamar tidak diperkenankan diwakili oleh siapapun pada saat penyerahan berkas lamaran dengan menunjukkan e-KTP/identitas diri yang sah.
6. Khusus bagi pelamar tenaga Pranata Standar Keselamatan* dan Tenaga Satuan Polisi Pamong Praja* akan dilakukan pengukuran tinggi badan ketika menyerahkan berkas.
7. Tidak menerima berkas lamaran pendaftaran diluar jadwal baik sebelum maupun sesudah jadwal yang telah ditentukan .
8. Lamaran diantar sendiri dengan alamat : Badan Kepegawaian Daerah Kota Bontang Graha Taman Praja Blok III Lantai Dasar Jl. Bessai Berinta Kelurahan Bontang Lestari pada hari kerja :
a. Senin s/d Kamis :
- Pukul 08.00 Wita - 12.00 Wita.
- Pukul 13.00 Wita - 15.00 Wita.
b. Jumat :
- Pukul 08.00 Wita - 11.00 Wita.
9. Kelengkapan berkas lamaran disusun rapi dan secara berurutan sebagai berikut :
1) Pas foto berwarna (latar belakang merah) terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar dan pada   bagian belakang dicantumkan nama pelamar.
2) Formulir register pendaftaran yang dicetak melalui website   http://sscn.bkn.go.id/
3)


Foto copy e-KTP WNI yang masih berlaku dilegalisir oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat sebanyak 1 lembar (bagi yang belum memiliki e-KTP dapat melampirkan Surat Keterangan Sudah Melakukan Perekaman dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Setempat)
4)

Surat lamaran ditujukan kepada Walikota Bontang cq. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Bontang, ditulis tangan dengan tinta hitam dan huruf kapital, di atas kertas double folio bergaris, tanpa materai dan ditandatangani oleh pelamar (format lihat contoh 1).
5)



Foto   copy ijasah berikut   transkrip nilai yang   dilegalisir (cap basah   dan tanda tangan asli / Bukan Hasil SCAN) oleh Kepala Sekolah untuk SMA/sederajat dan oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik bagi lulusan D.III,   D.IV, S.1 dan   S.2. Khusus pendidikan   Dokter umum, Dokter Spesialis, Apoteker dan Psikolog harus melampirkan foto copy ijasah profesi yang dilegalisir pejabat yang berwenang (cap basah dan   tanda tangan asli / Bukan Hasil SCAN).
6) Mengisi surat keterangan/rekomendasi dari pimpinan instansi khusus formasi Satuan Polisi Pamong Praja dan Pranata Standar Keselamatan (format lihat contoh 2).
7) Lulusan Universitas / Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur   terakreditasi minimal C dan Lulusan Universitas / Perguruan Tinggi di luar Kalimantan Timur terakreditasi minimal B dengan indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal :
a. D-III = 2,75
b. D-IV / S.1 = 2,75
c. S.2 = 3,00
8) Untuk pelamar lulusan dari luar negeri diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
9) Mengisi surat pernyataan bersedia mengabdi di Lingkungan Pemerintah                     Kota Bontang minimal 10 (sepuluh) tahun dan siap mengganti dana sebesar               Rp. 55.000.000,- (lima puluh lima juta rupiah) (format lihat contoh 3).
10) Mengisi Daftar Riwayat Hidup (format lihat contoh 4).
10. Pelamar memasukkan   seluruh kelengkapan berkas lamaran ke dalam map dengan ketentuan warna map :
a. Merah untuk pelamar Tenaga Pendidik
b. Kuning untuk pelamar Tenaga Kesehatan
c. Biru untuk pelamar Tenaga Teknis
11.
Apabila salah satu dari syarat yang telah ditentukan diatas tidak dipenuhi, maka dinyatakan tidak memenuhi syarat dan berkas menjadi milik panitia, panitia tidak menerima kelengkapan berkas susulan.
VI. PELAKSANAAN SELEKSI
1. Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi pendaftaran mendapat Tanda Nomor Peserta Ujian   dan dapat diambil oleh yang bersangkutan di Kantor Sekretariat Panitia Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil dengan jadwal dapat dilihat melalui web site http://bkd.bontangkota.go.id.
2. Jadual Ujian Tes Kompetensi Dasar dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan diumumkan melalui internet dengan alamat http://bkd.bontangkota.go.id
3. Tempat ujian   dilaksanakan di Auditorium Graha Taman Praja Blok IV Lantai 3     Jl. Bessai Berinta Kelurahan Bontang Lestari.
4. Dalam pelaksanaan ujian, setiap peserta wajib membawa Kartu Tanda Peserta Ujian dan KTP / bukti diri yang sah.
5. Penentuan kelulusan   Tes Kompetensi Dasar   berdasarkan nilai ambang   batas (passing grade) yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional akan diumumkan melalui internet dengan alamat http://bkd.bontangkota.go.id
6. Bagi peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD), maka diikutsertakan tahapan seleksi selanjutnya berupa Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang waktu dan tempatnya akan diumumkan melalui internet dengan alamat http://bkd.bontangkota.go.id
7. Materi yang diujikan adalah:
a. Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
b. TKB (Tes Kompetensi Bidang) bisa berbentuk Psikotes lanjutan/Praktek/ wawancara
VII. LAIN - LAIN
1. Surat keterangan kelulusan atau ijasah sementara tidak diterima.
2. Tanda Nomor Peserta Ujian harus dibawa dan ditunjukkan ke Panitia pada saat mengikuti ujian.
3. Penerimaan CPNS di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang tidak dipungut biaya, panitia tidak bertanggung   jawab atas pungutan   atau tawaran berupa apapun oleh oknum yang mengatasnamakan Pemerintah Kota Bontang atau Panitia.
4. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
5. Apabila ada peserta yang dinyatakan lulus tetapi tidak memenuhi persyaratan / mengundurkan diri akan digantikan dengan peserta sesuai dengan ranking / urutan penilaian berikutnya.



Contoh 1 :
Surat Lamaran (tulisan tangan dengan tinta hitam)
                                    BONTANG, ................. SEPTEMBER 2014
         KEPADA :
YTH. BAPAK WALIKOTA BONTANG
         Cq. KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH
         di-
           BONTANG
DENGAN HORMAT,   
YANG BERTANDA TANGAN DI BAWAH INI :
N A M A : .......................................................................................................
NOMOR KTP : .......................................................................................................
TEMPAT, TANGGAL LAHIR : .......................................................................................................
AGAMA : .......................................................................................................
JENIS KELAMIN : LAKI-LAKI / PEREMPUAN  
JABATAN YANG DILAMAR : 1. .................................................................................................
  2. .................................................................................................
  3. .................................................................................................
KUALIFIKASI PENDIDIKAN :   ......................................................................................................
ALAMAT : .......................................................................................................
.......................................................................................................
NOMOR HP / TELP. : .......................................................................................................
EMAIL : .......................................................................................................
BERSAMA INI SAYA MENGAJUKAN PERMOHONAN KEPADA BAPAK UNTUK DAPAT DIANGKAT MENJADI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BONTANG. SEBAGAI BAHAN PERTIMBANGAN, MAKA BERSAMA INI SAYA LAMPIRKAN :
1. PAS FOTO BERWARNA DENGAN LATAR BELAKANG MERAH UKURAN 3X4 CM SEBANYAK 3 LEMBAR ;
2. FORMULIR REGISTER PENDAFTARAN VIA http://sscn.bkn.go.id/
3. FOTO COPY E- KTP/ SURAT KETERANGAN SUDAH MELAKUKAN PEREKAMAN DILEGALISIR OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL SETEMPAT SEBANYAK 1 LEMBAR ;
4. FOTO COPY IJAZAH / STTB DAN TRANSKRIP NILAI YANG DILEGALISIR SEBANYAK 1 LEMBAR ;
5. FOTO COPY IJASAH PROFESI YANG DILEGALISIR SEBANYAK 1 LEMBAR (KHUSUS FORMASI DOKTER UMUM, DOKTER SPESIALIS, APOTEKER DAN PSIKOLOG) ;
6. SURAT KETERANGAN/REKOMENDASI DARI PIMPINAN INSTANSI (KHUSUS FORMASI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN PRANATA STANDAR KESELAMATAN) ;
7. SURAT PERNYATAAN BERSEDIA MENGABDI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BONTANG MINIMAL 10 (SEPULUH) TAHUN;
8. DAFTAR RIWAYAT HIDUP;   
DEMIKIAN SURAT PERMOHONAN INI, ATAS PERHATIAN BAPAK DISAMPAIKAN TERIMA KASIH.
 HORMAT SAYA,
 ( NAMA TERANG )


Baca Juga : Pendaftaran CPNS Kota Bontang 2014 Mulai 16 - 28 September

CONTOH 2 :
KOP INSTANSI   
SURAT KETERANGAN / REKOMENDASI  
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :  
Nama :
NIP :
Jabatan :
Instansi :
Menerangkan bahwa:  
Nama :
Jenis Kelamin :
Tempat, Tanggal Lahir :
No. KTP :
Alamat :
   Memang benar pernah mengabdi pada instansi yang saya pimpin sesuai dengan…….(bukti pendukung pengangkatan, kontrak kerja dan lain-lain). Selama bertugas yang bersangkutan memiliki kinerja dan disiplin yang baik.
   Demikian surat keterangan/rekomendasi ini diberikan dengan sebenarnya mengingat sumpah jabatan yang saya emban dan siap mempertanggunggjawabkannya sesuai aturan hukum yang berlaku bila keterangan/rekomendasi ini tidak benar.
……………….., …………………………….   2014
Kepala Instansi,
Stempel
                                                       
* Khusus untuk formasi :
- Satuan Polisi Pamong Praja
- Pranata Standar Keselamatan

Contoh 3 :
SURAT PERNYATAAN  
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : ...........................................................................
Tempat, tanggal Lahir : ...........................................................................
Jenis kelamin : ...........................................................................
Agama : ...........................................................................
Jabatan yang dilamar : 1.   ...........................................................................
2.   .....................................................................
3.   .....................................................................
Pendidikan / jurusan ...........................................................................
Alamat KTP ...........................................................................
...........................................................................
    Dengan ini menyatakan :  
a. Saya siap mengabdi di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang minimal 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil;
b. Tidak akan mengundurkan diri dengan alasan apapun dari proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Kota Bontang formasi pelamar umum tahun 2014;
c. Tidak akan mengajukan mutasi keluar Kota Bontang setelah saya diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil Daerah Kota Bontang minimal sesuai point a;
d.

Jika saya melanggar point b dan c di atas maka saya bersedia mengganti biaya sebesar Rp. 55.000.000,00 (lima puluh lima juta rupiah) yang akan disetorkan ke Kas Daerah Pemerintah Kota Bontang.
     Demikian   surat pernyataan ini saya buat sesungguhnya dan sebenar-benarnya dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab. Apabila dikemudian hari pernyataan ini tidak benar saya bersedia dituntut di pengadilan.
Bontang , ……………..…………………   2014
Yang membuat pernyataan,              
Materai, Rp.6.000,00              
( ..…………………………………. )                 


Contoh 4 :
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI
Foto 3 x 4
Nama Lengkap
Jenis Kelamin
Tempat, Tanggal Lahir
Agama
Status Perkawinan
Tinggi dan Berat Badan
Alamat
No.Telp
E-mail
PENDIDIKAN FORMAL
No.
Tahun
Sekolah
PENDIDIKAN NON FORMAL
No.
Tahun
Tempat
KEMAMPUAN
No.
Jenis Kemampuan
Keterangan
 PENGALAMAN KERJA
No.
Tahun
Pengalaman Kerja
       …………….., September 2014
Hormat saya


(…………………….……..)


Penting !! 
-  Memutuskan untuk memilih formasi ini berarti tidak bisa memilih formasi lainnya.

-  Apabila sudah memahami dan menyetujui pilihan ini, silahkan melanjutkan ke Formulir Registrasi
Sumber : -panselnas.menpan.go.id-

Artikel Terkait